Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Saturday, March 10, 2012

Posted by nivo's blog On 9:25 PM

A.  PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat, maka terlebih khusus dalam sebuah pembelajaran diperlukannya sebuah metode dan media pembelajaran yang baru, sebut saja penggunaan media jejaring sosial facebook.
Facebook merupakan salah satu media social network yang sangat terkenal, dengan menggunakan facebook, pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Sebagai media sosial network yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, Sekarang ini sudah mulai terlihat bahwa facebook dapat dijadikan acuan sebagai metode dan media pembelajaran seperti yang digunakan pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan untuk mahasiswa semester 096 Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Oleh karena itu dalam artikel yang berjudul “Facebook as a Learning's Facilities : Forum Group Discussion IDP” ini, akan dibahas lebih lanjut untuk mengetahui tingkat keaktifan mahasiswa semester 096 Jurusan Teknologi Pendidikan dalam mengikuti dan menjawab kuis-kuis di dalam forum group discussion IDP yang mengacu kepada hasil survei yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

RUMUSAN MASALAH
1.    apakah forum group discussion IDP ini termasuk inovasi?
2.    Alasan apa yang dapat mendukung jawaban diatas?
3.    Berapakah responden (mahasiswa TP) yang menjawab YES, NO, atau YES dan NO?

TUJUAN DAN MANFAAT
Dari hasil survey yang diambil dari keaktifan mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam mengikuti forum group discussion IDP ini memiliki tujuan yaitu:
·      Memotivasi mahasiswa TP untuk berperan aktif di forum group discussion IDP
·      Mengubah facebook sebagai media untuk belajar.
·      Mengetahui tingkat keaktifan mahasiswa TP dalam mengikuti forum group discussion IDP
Adapun manfaat dari adanya survei akan keaktifan kepada 31 mahasiswa TP dalam forum IDP dengan menggunakan teknik pertanyaan YES, NO, atau YES dan NO ini adalah sebagai berikut.
·      Mahasiswa semakin giat untuk mengemukakan pendapatnya terhadap soal-soal yang diberikan
·      Mahasiswa terlihat memiliki alasan yang beragam namun pada intinya adalah sama
·      Mahasiswa yang tadinya sedikit pasif menjadi aktif dalam mengikuti sebuah forum sejenis ini

B.  HASIL SURVEI
Keaktifan mahasiswa-mahasiswi Teknologi Pendidikan semester 096 yang mengikuti perkuliahan Difusi Inovasi Pendidikan dituntut untuk dapat berperan aktif di dalam perkuliahan tatap muka maupun dalam berdiskusi di forum group discussion IDP yang menggunakan media facebook sebagai media pembelajaran.
Adapun hasil survei per tanggal 4 Maret 2012 pukul 13:59 WIB terhadap keaktifan mahasiswa dalam forum didapatkan hasil sebagai berikut.

Terlihat dari hasil survei diatas sudah terlihat cukup banyak mahasiswa-mahasiswi Teknologi Pendidikan dalam berperan aktif dalam mengikuti dan menjawab pertanyaan YES, NO, atau YES dan NO di forum group discussion IDP hingga pukul 13:59 WIB. Artinya, mahasiswa tidak hanya menggunakan facebook sebagai media sosial semata, tetapi juga digunakan sebagai media berdiskusi.
Dari hasil data survei diatas, dapat disimpulkan juga bahwa tingkat keaktifan mahasiswa-mahasiswi sangat cermat dan tinggi dalam mengikuti forum group discussion IDP. Sehingga dengan adanya forum semacam ini, mereka mengakui bahwa forum IDP ini sangat penting dan berguna selama mereka mengikuti mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.

C.  PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil survei diatas yang disajikan dengan menggunakan diagram batang dan lingkaran dihasilkan beberapa kesimpulan yang meliputi:
·      10 mahasiswa/i (32%) aktif dalam menjawab. Sementara itu, 21 mahasiswa/i (68%) belum menjawab forum tersebut.
·      2 mahasiswa/i yang menjawab forum IDP sebagai inovasi (YES) dengan alasan yang berbeda, dan 8 mahasiswa yang menjawab YES dan NO forum IDP sebagai inovasi dengan alasan yang pada intinya sama. Adapun alasan yang sama dengan jawaban YES dan NO pada dasarnya adalah.
a.    Mengarah kepada definisi Rogers yang mengatakan bahwa Dalam bukunya Diffusion of Innovation, Rogers mengatakan bahwa “innovation is an idea, practice, or object that is perceived as new by an individual or others unit of adoption”. Artinya inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi. Berdasarkan definisi Rogers tersebut, mahasiswa mengatakan bahwa forum group discussion IDP ini termasuk sesuatu yang baru dalam pembelajaran karena memanfaatkan sebuah situs jejaring sosial yang biasanya hanya digunakan sebagai media chatting dan bermain saja.
b.    Sementara itu mengarah kepada definisi Reigeluth yang mengatakan bahwa inovasi inovasi merupakan suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu dimana hal ini dilakukan untuk memperbaiki sistem yang telah ada sebelumnya dengan melibatkan berbagai aspek agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai, mahasiswa mengatakan bahwa setelah mata kuliah ini selesai dan berakhir di Ujian Semester nanti, maka tidak akan ada tindak lanjut untuk ke depannya. Artinya artinya forum group discussion IDP ini tidak akan berlanjut setelah perkuliahan ini selesai di akhir semester dan forum group discussion cenderung tidak akan digunakan lagi oleh mahasiswa/i bahkan ditinggalkan begitu saja oleh sebagian besar mahasiswa.
Dari hasil survei tersebut, maka dengan adanya forum semacam ini mengakibatkan mahasiswa TP untuk semakin aktif dalam mengikuti sebuah diskusi khususnya diskusi dalam mata kuliah IDP dengan media facebook. Dan seharusnya, bagi mahasiswa yang belum bisa berdiskusi atau masih bersikap pasif, diharapkan untuk dapat berperan aktif dalam forum tersebut karena bagaimanapun juga forum IDP ini sangat bermanfaat bagi kalangan mahasiswa TP.

D.  KESIMPULAN
Facebook sebagai jejaring sosial dapat dijadikan sebagai media pembelajaran baru yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, seperti terlihat pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
Dari hasil survei per tanggal 4 Maret 2012 pada pukul 13:59 WIB terlihat 10 mahasiswa TP telah berperan aktif dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan mengenai forum IDP sebagai inovasi atau bukan dengan berbagai penjelasan yang bervariasi namun pada intinya adalah sama. Menurut sebagian besar mahasiswa, mengatakan bahwa forum IDP ini termasuk inovasi dan sesuatu yang baru dalam pembelajaran. Akan tetapi, forum IDP ini juga dapat dikatakan bukan sebuah inovasi dikarenakan forum ini tidak memiliki tindak lanjut ke depannya.
Namun, yang perlu diperhatikan dalam forum group discussion IDP ini adalah setiap mahasiswa harus memiliki kesadaran dan mengubah sikap pasifnya untuk dapat berperan aktif dalam mengikuti diskusi di forum ini. Karena bagaimanapun juga pembelajaran dengan menggunakan forum facebook ini terbilang sangat efektif karena bisa diakses menggunakan berbagai teknologi mulai dari telepon seluler hingga komputer.

DAFTAR PUSTAKA

Roger, Everett M. 1995. Diffusion of Innovations Four Edition.New York: The Free Press
https://www.facebook.com/groups/168239919956693/
http://blog.tp.ac.id/analogi-model-elaborasi#ixzz1ngVc5HV9
http://pertanyaan.com/artikel/apa-itu-facebook
http://bownet.wordpress.com/2009/05/04/apa-itu-facebookdan-bagaimana-cara-membuatnya/

1 comment: