Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Friday, June 29, 2012

Posted by nivo's blog On 10:59 PM

RINGKASAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN
(BOBBY DE POTTER, 2001)

Quantum Teaching (QT) merupakan pengubahan belajar dengan menggunakan segala suasana meriah dan berinteraksi melalui perpaduan unsur seni dan pembelajaran terarah yang dapat dalam memaksimalkan kegiatan belajar.
Quantum Teaching memuat lima prinsip dan model quantum teaching berupa konteks sebagai dasar pengalaman belajar dan isi sebagai kemampuan guru dalam penyajian belajar. Pelaksanaan quantum teaching dapat dapat dilakukan dengan langkah yang diawali dengan menata tempat belajar, menciptakan kesadaran dan motivasi siswa hingga pada menciptakan komunikasi yang baik dan partisipasi siswa. Sehingga nantinya siswa dapat hidup dengan penuh tanggung jawab dan kebebasan serta selalu membina hubungan yang baik dengan guru, sesama siswa, pegawai sekolah dan wali murid.
Oleh karena itu, sangat dimungkinkan setiap guru dapat menerapkan model quantum teaching ini dalam pembelajaran di sekolah. (Sumber: Prof. Dr. H. Yatim Riyanto, M. Pd “Quantum Teaching” dalam Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2010. halaman 199-214)


 ABSTRAK

RIYANTO, Yatim. Quantum Teaching dalam Pembelajaran (Bobby De Potter, 2001). 2010: 199-214. Quantum Teaching (QT) merupakan pengubahan belajar dengan menggunakan segala suasana yang meriah dan berinteraksi dalam memaksimalkan kegiatan belajar. Quantum Teaching menawarkan cara-cara baru yang dapat memaksimalkan kegiatan belajar melalui perpaduan unsur seni dan pembelajaran terarah dengan menerapkan lima prinsip dasar dalam belajar. Dengan memadukan unsur seni, model quantum teaching hampir sama dengan sebuah simfoni yang terdiri dari konteks sebagai dasar yang dapat menciptakan pengalaman bermusik (belajar) yang menyeluruh serta isi yang dapat diibaratkan sebagai lembaran kertas berisi not-not nyata (penyajian guru) dan kemampuan guru dalam memanfaatkan bakat setiap siswa. Dalam rangka memaksimalkan kegiatan belajar, pelaksanaan quantum teaching dapat dimulai dengan langkah-langkah berikut: menata tempat belajar dan suasana belajar; menjelaskan pedoman yang harus diikuti siswa; menyediakan lingkungan yang dapat memicu belajar dan meningkatkan daya ingat siswa dengan memanfaatkan kecerdasan yang dimiliki siswa sebagai motivasi dalam diri sehingga siswa akan memiliki keterampilan dalam membangun komunikasi yang baik melalui berbagai media dan saluran. Setelah komunikasi antara guru dan siswa terjalin, guru dapat melakukan proses yang dapat meningkatkan partisipasi siswa melalui tanya jawab ataupun kegiatan belajar menggunakan keterampilan gerak tubuh yang dapat merangsang belajar siswa. Sehingga siswa dapat hidup dengan penuh tanggung jawab, kebebasan , keamanan dan membina hubungan yang baik dengan guru, sesama siswa dan pegawai sekolah serta wali murid. (Fidensius NP)

0 comments:

Post a Comment