Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Sunday, May 27, 2012

Posted by nivo's blog On 12:47 PM

Seperti apa sihh inovasi dalam organisasi tersebut??? Contoh inovasi dalam organisasi adalah penggunaan SIM (sistem informasi manajemen) dalam organisasi bisnis. SIM ini mempunyai 3 tugas utama di dalam sebuah organisasi yaitu mendukung proses bisnis dan operasional; mendukung pengambilan keputusan; dan mendukung strategi untuk keunggulan kompetitif. Penggunaan SIM dapat menolong perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional; memperkenalkan inovasi dalam bisnis; dan membangun sumber-sumber informasi strategis.

Makna dari organisasi belajar, menurut Marquardt bahwa organisasi belajar dimanfaatkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran dan produktivitas, fokus pada transformasi kompetensi anggota organisasi melalui proses knowledge management, memperkuat tidak hanya anggota dalam organisasi tapi juga masyarakat di luar organisasi, sehingga perubahan yg diciptakan oleh organisasi pembelajar bersifat menyeluruh. Sedangkan menurut Peter Senge makna organisasi belajar menitikberatkan pada 5 disiplin, yang meliputi:
  • Personal mastery, digambarkan sebagai belajar untuk memperluas kapasitas personal dalam mencapai hasil kerja yang paling diinginkan, dan menciptakan lingkungan organisasi menuju pencapaian sasaran dan makna bekerja sesuai dengan harapan yang mereka pilih.
  • Mental models, proses bercermin yang memperjelas dan meningkatkan gambaran diri kita tentang dunia luar, dan melihat bagaimana mereka membentuk keputusan dan tindakan kita.
  • Shared vision, membangun rasa komitmen dalam suatu kelompok, dengan mengembangkan gambaran bersama tentang masa depan yang akan diciptakan, prinsip dan praktek yang menuntun cara kita mencapai tujuan masa depan tersebut.
  • Team learning, mentransformasikan pembicaraan dan keahlian berpikir (thinking skills), sehingga suatu kelompok dapat mengembangkan kemampuan yang lebih besar dibanding ketika masing-masing anggota kelompok bekerja sendiri.
  • Sytems thinking, cara pandang sistem dalam memandang segala sesuatu dalam organisasi sebagai suatu sistem yang saling terkait saling mempengaruhi.
Jadi, pada dasarnya makna dari organisasi belajar adalah bagaimana organisasi memanfaatkan kapasitas mental dari semua anggotanya guna menciptakan sejenis proses yang akan menyempurnakan organisasi” (Nancy Dixon, 1994), serta mampu melaksanakan proses transformasi pengetahuan secara berkelanjutan, dari pengetahuan pekerja sebagai hasil belajar mandiri menjadi pengetahuan organisasi sebagai hasil belajar organisasional, untuk menumbuh kembangkan modal organisasi”. (diana siregar, ITB)

Sumber:
http://lizanda.wordpress.com/2008/05/10/13/
http://susantisufyadi.wordpress.com/2012/03/23/persamaan-dan-perbedaan-definisi-organisasi-belajar-menurut-marquardt-dan-senge/
http://huartzimucz.blogspot.com/2011/10/pengertian-organisasi.html

0 comments:

Post a Comment