Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Sunday, May 27, 2012

Posted by nivo's blog On 12:33 PM
Apa sihhh yang dimaksud dengan change agent itu??? Yaa,,, agen perubahan (change agent) adalah orang yang bertugas mempengaruhi penerima adopsi agar mau menerima inovasi sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh pengusaha pembaharuan (change agency) dengan tujuan melancarkan jalannya arus inovasi dari pengusaha pembaharuan ke penerima adopsi sehingga proses difusi inovasi akan berjalan efektif dan mendapatkan umpan balik dari penerima adopsi.
Menurut Roger, sebuah agen perubahan memiliki tujuh langkah yang dilakukan dalam mengkomunikasikan inovasi yaitu: membangkitkan kebutuhan untuk berubah, memantapkan hubungan pertukaran informasi, mendiagnosa masalah yang dihadapi, membangkitkan kemauan klien untuk berubah, mewujudkan kemauan dalam perbuatan, menjaga kestabilan penerimaan inovasi dan mencegah tidak berkelanjutannya inovasi dan mengakhiri hubungan ketergantungan.


Contoh dari tenaga pendidik yang berperan sebagai change agent adalah guru. Karena dalam hal ini guru harus dapat membawa perubahan bagi peserta didiknya. Guru juga harus mampu menjadi motivator dan fasilitator bagi peserta didiknya agar mereka semua mampu menguasai ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Sebagai sebuah agen perubahan, guru harus mampu memainkan perannya dalam pembelajaran, khususnya dalam menjawab berbagai kebutuhan peserta didik yang berubah- ubah seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat merambah dan mengisi dalam dunia kerja atau tuntutan meraih keunggulan dari masyarakat.

Sumber :
drapestakes.blogspot.com/2007/07/are-you-change-agent.html
http://adikasimbar.wordpress.com/2010/05/25/agen-pembeharu-2-sambungan/

0 comments:

Post a Comment