Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Sunday, April 22, 2012

Posted by nivo's blog On 1:57 PM

Nama Sekolah    : SMA PGRI 1 Bekasi
Alamat                : Jalan Cirebon, Duren Jaya, Kota Bekasi 17111, Jawa Barat, Indonesia
Inovasi                : Program Kelas Unggulan
Analisis               :
Program kelas unggulan merupakan program kelas yang dikemas berbeda dari kelas regular pada umum. Program ini dilaksanakan oleh sekolah SMA PGRI 1 Bekasi dalam rangka upaya peningkatan mutu pendidikan seiring dengan semakin cepat persaingan lembaga pendidikan dalam memberikan perubahan di dalam tubuh pendidikan.
Program kelas unggulan di sekolah ini dilaksanakan sesuai dengan visi dari sekolah ini yaitu “Berprestasi, Berinovasi, Bertakwa dan Berbudaya”, dimana program ini dapat terlaksana karena telah didapatkan hasil terhadap proses pengkajian terhadap kondisi riil pembelajaran yaitu:
1.        Lulusan SMA PGRI 1 yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi lebih dari 80 %
2.        Lebih dari 60 % calon siswa baru, pilihan peratamanya SMA PGRI 1 Kota Bekasi.
3.        Besarnya dukungan Orang tua / Wali siswa.
4.        Kesiapan sarana dan prasarana pendukung kegiatan pembelajaran.
5.        Kesiapan sumber daya manusia (guru dan tenaga kependidikan lainnya), dan
6.        Dukungan stakeholder SMA PGRI 1 Kota Bekasi

Sebagaimana halnya sebuah inovasi, penyelenggaraan program kelas unggulan hingga sekarang ini, di dalam kelasnya hanya terdiri dari 32-36 siswa maupun siswi ini, adapun tujuan dari program kelas unggulan ini yakni:
1.  Meningkatkan kualitas akademik, non-akademik serta life-skill lainnya.
2.  Mempersiapkan siswa dalam lomba-lomba akademik dan non-akademik
3. Meningkatkan kualitas output dan outcome siswa, sehingga dapat kompetitif untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya maupun memasuki dunia kerja.
4.  Mewujudkan jati diri SMA PGRI 1 Kota Bekasi sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas.
Untuk dapat masuk dan menjadi siswa yang termasuk ke dalam kelas unggulan, ada beberapa hal yang harus dicapai oleh siswa diantaranya adalah:
a.         Memiliki kemampuan akademik yang dipersyaratkan berdasarkan hasil tes potensi akademik
Dalam persyaratan ini, setelah diterima sebagai siswa dari SMA PGRI 1 Bekasi, akan dilaksanakan tes potensi akademik yang akan dipertimbangkan apakah siswa tersebut dapat masuk ke kelas unggulan.
b.        Memiliki minat dan motivasi belajar tinggi
Dalam kelas unggulan, siswa harus memiliki minat dan motivasi belajar yang tinggi karena dengan tujuan awal untuk meningkatkan mutu pendidikan maka siswa harus memiliki hal tersebut. Disamping itu, siswa harus benar-benar termotivasi karena jam belajar pada kelas unggulan juga ditambah 60 menit dari jam belajar yang efektif.
c.         Didukung oleh orang tua / wali siswa baik secara finasial maupun non finansial
Program kelas unggulan yang ada di sekolah ini terbilang cukup baik karena dengan siswa yang tidak terlalu banyak sekitar 32 – 36 siswa yang biasanya pada kelas regular bisa mencapai 40-42 siswa, membuat proses pembelajaran kelas unggulan ini lebih fokus dalam mengikuti proses belajar mengajar. Di tambah lagi dengan konsep belajar yang terlihat dapat semakin memotivasi siswa dalam belajar diantaranya:
a.         Kurikulum yang digunakan pada kelas unggulan menggunakan kurikulum yang berlaku (KTSP) dengan tambahan alokasi waktu / jam pelajaran untuk mata pelajaran tertentu.
b.        Tersedianya bimbingan belajar dilaksanakan setelah selesai kegiatan belajar mengajar (KBM) selama 60 menit pada hari Senin - Kamis untuk mata pelajaran : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi dan Bahasa Inggris.
c.         Pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran menggunakan modul dan menggunakan model-model pembelajaran bervariasi yang berbasis TIK yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana berupa :
- Ruang kelas ber-AC
- Dilengkapi dengan Audio Visual
- Tersedia Komputer / Internet kelas
- OHP dan LCD Projector
- Laboratorium IPA dan Bahasa

Contoh VCD Pembelajaran yang digunakan sebagai media pendukung pembelajaran yang digunakan pada program kelas unggulan



Contoh Modul Pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika kelas XI yang hanya digunakan pada program kelas unggulan

Di samping didukung dengan sarana dan prasarana berbasis TIK di dalam kegiatan proses belajar mengajar tersebut diatas, di sekolah SMA PGRI 1 Bekasi yang telah terakreditasi A dan berstandar nasional ini, juga memiliki kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) di luar mata pelajaran yang diajarkan, meliputi:
1.        Out Bond MQ (Manajemen Qolbu)
2.        Mengenal dunia kampus
Ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh sekolah ini khusus untuk siswa-siswi kelas XI yang termasuk dalam kelas unggulan. Tujuannya adalah tidak hanya sekedar wisata saja, melainkan juga untuk memperkenalkan kampus yang mungkin mereka melanjutkan studinya ke jenjang universitas. Berikut ini merupakan contoh kegiatan mengenal dunia kampus.

Kegiatan Mengenal Dunia Kampus untuk Siswa-siswi Program Kelas Unggulan

3.        Menyusun karya tulis ilmiah
Ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menciptakan sebuah tulisan ilmiah yang biasa dilakukan secara berkelompok dalam menciptakan suatu produk baru dari hasil penelitiannya. Kegiatan ini pun tidak hanya berlangsung di sekolah ini saja, melainkan juga diperlombakan dalam ajang karya tulis ilmiah di tingkat kota bekasi dan tingkat universitas yang mengadakan perlombaan semacam ini.
Artinya dengan adanya kegiatan menyusun karya tulis ilmiah ini, siswa sudah memiliki keterampilan atau pengalaman untuk menulis sebuah tulisan yang baru dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada, dan akan menjadi bekal yang akan mereka bawa ke bangku perkuliahan sehingga mereka sudah terbiasa dengan adanya penulisan karya ilmiah tersebut.
4.        English Club
Merupakan kelompok yang berisi siswa-siswi yang berasal dari kelas unggulan yang pandai dan berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris. Mereka yang termasuk dalam kelompok ini biasanya diadakan latihan rutin pada setiap minggu dan juga mengikuti berbagai perlombaan debat dalam Bahasa Inggris.
5.        Try Out dan bimbingan masuk Perguruan Tinggi
Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mempersiapkan siswa-siswi SMA PGRI 1 Bekasi agar siap dalam mengikuti segala ujian masuk ke perguruan tinggi yang dipilihnya.
Dari analisis diatas mengenai program kelas unggulan di SMA PGRI 1 Bekasi, maka dapat dikatakan bahwa penyelenggaraan program kelas unggulan di sekolah ini berjalan efektif dan berhasil karena hingga saat ini kelas unggulan tersebut masih berjalan efektif dan memiliki implikasi yang besar bagi siswa maupun guru, seperti:
a.  Pembelajaran dengan menggunakan modul yang berorientasi pada kemandirian belajar bagi peserta didik, sehingga menuntut kesiapan guru dalam menyusun modul pembelajaran sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
b.  Adanya optimalisasi dalam penggunaan media dan sarana pembelajaran seperti : OHP, LCD Projector, Audio Visual, Laboratorium IPA dan Laboratorium Bahasa
c.  Guru dituntut menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan menerapkan evaluasi berbasis kelas.
d.  Dengan terlaksananya bimbingan belajar yang diberikan secara terprogram, diharapkan akan meningkatkan kemampuan siswa sehingga meningkatkan nilai ulangan/ujian dan bisa dipersiapkan dalam lomba-lomba maupun olimpiade, dan siap untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang dipilihnya
e.      Dengan jumlah siswa tiap kelas yang tidak terlalu banyak dan kemampuan/nilai yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan, pengembangan bakat dan kreativitas, serta kualitas kegiatan intra dan ekstrakurikuler siswa.
f.       Meningkatkan dan mendorong profesionalisme guru dan kesejahteraan guru karena guru dituntut untuk dapat menyusun modul pembelajaran dan menggunakan berbagai media dan sarana pembelajaran.

Kesimpulan        :
Program kelas unggulan merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang diselenggarakan oleh SMA PGRI 1 Bekasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang berjalan sesuai dengan visinya yaitu “Berprestasi, Berinovasi, Bertakwa dan Berbudaya”.
Program kelas unggulan ini menjadikan suatu inovasi dimana di dalam kelas hanya terdiri dari 32 – 36 siswa sehingga lebih memfokuskan siswa dalam belajar yang didukung dengan sarana dan prasarana serta kegiatan penunjang KBM yang diantaranya adalah:
·       Adanya penambahan jam pelajaran sekitar 60 menit sebagai kegiatan bimbingan belajar setelah proses KBM selesai dilaksanakan.
·   Penggunaan media pembelajaran yang efektif seperti penggunaan modul pembelajaran dan VCD pembelajaran sebagai media pendukung pembelajaran.
·         Tersedianya fasilitas berupa: ruang kelas ber-AC, dilengkapi dengan audio visual, komputer dan internet di dalam kelas, OHP dan LCD proyektor, serta laboratorium IPA dan bahasa.
·        Adanya kegiatan penunjang KBM seperti: out bond MQ (Manajemen Qolbu), mengenal dunia kampus, menyusun karya tulis ilmiah, english club, serta try out dan bimbingan masuk perguruan tinggi.
Dengan terselenggaranya program kelas unggulan di SMA PGRI 1 Bekasi, maka akan berimplikasi besar pada diri siswa maupun guru, khususnya terlihat pada penggunaan modul pembelajaran yang berguna untuk membangun kemandirian siswa dalam belajar serta mempersiapkan guru untuk dapat menyusun modul sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

0 comments:

Post a Comment