Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Tuesday, February 4, 2014

Posted by nivo's blog On 7:16 PM

Apa itu Open Source?
Pengertian Open Source menurut organisasi.org adalah Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi.
Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika diakses untuk publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

KENAPA OPEN SOURCE?
- Apa keunggulan Aplikasi Open Source?
  • Didesain untuk dikembangkan secara modular. Seseorang yang ingin berkontribusi dapat menambahkan suatu fungsi tanpa atau sedikit ketergantungan terhadap bagian/fungsi yang lain.
  • Dokumentasi yang lengkap. Dokumentasi yang lengkap ditujukan untuk pengembang yang baru dapat dengan cepat mempelajari struktur aplikasi. Tanpa dokumentasi yang lengkap, seseorang akan terbuang waktunya hanya untuk mempelajari struktur aplikasi.
  • Transparansi disain dan proses pengembangan. Setiap orang dapat berkontribusi karena disain dan arah pengembangan selalu dikomunikasikan ke publik melalui web dan mailing list. Kode sumber selalu tersedia pada saat proses pengembangan melalui CVS (concurrent versning system) dan bukan pada saat dirilis.
  • Tim inti yang modular dan transparan. Tim inti pengembang dipilih oleh komunitas berdasarkan kontribusinya. Apabila sudah tidak memiliki kontribusi yang signifikan maka dengan sendirinya akan keluar dari anggota tim inti dan digantikan oleh yang lain yang memiliki kontribusi yang lebih banyak.
Kekuatan Aplikasi Open Source harus dapat dievaluasi sebagaimana layaknya aplikasi komersial. Empat faktor diatas setidaknya harus dipenuhi oleh suatu proyek Aplikasi Open Source untuk dapat berkembang dan sukses diterima publik.

Awal Mula Open Source
Sebuah software yang dilindungi oleh IPR (hak cipta) yang berkuasa untuk mengubah kode atau dokumentasi, menyalin dan mendistribusikan kode biner agar dapat beroprasi dalam komputer. The Free Software Foundation (FSF), didirikan oleh Richard Stallman tahun 1984, yaitu organisasi antara MIT, AOS GNU proyek. Salah satu kontribusi dari FSF adalah pengembangan Genderal Public License (GPL, 2006) untuk melindungi IPR dari kontributor dan mencegah komersialisasi yang tidak diinginkan dari software. FSF (FSF-DEF, 2006) yaitu software gratis untuk semua pengguna  dalam menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah dan meningkatkan perangkat lunak. Sumber kode dipandang sebagai jenis pengetahuan ilmiah yang harus diterbitkan untuk memfasilitasi inovasi.
Software tanpa biaya; seperti yang digunakan di sini ternyata tidak sesuai dengan kenyataan bahwa software yang tersedia menggunakan biaya untuk pengguna sehingga terdapat dampak negatif  terutama di industri sehingga mempengaruhi Eric Steven Raymond, dimulai pada tahun 1997 untuk mempromosikan penggunaan perangkat lunak bebas biaya dengan menekankan keunggulan teknis dan rendahnya biaya bukan menggunakan biaya. Mereka menggunakan istilah software open source dari pada software bebas dan mendirikan Open Source Initiative (OSI) pada tahun 1998 untuk memberikan definisi OSS pada satu set kriteria untuk lisensi open source (OSIlicenses, 2006). Lisensi GPL dianggap OSI sebuah lisensi yang valid, antara lisensi lain yang kurang ketat untuk digunakan dalam dunia komersial.

Model Pengembangan Open Source
Salah satu karakteristik OSS yaitu hal yang dikembangkan dalam berbagai cara dari software yang komersial. Raymond (1998, 2001) membandingkan dua model-model pembangunan antaranya: katedral (Sebagai metafora untuk pengembangan perangkat lunak tradisional) dan bazar (sebagai metafora untuk pengembangan OSS) untuk ranah gagasan kualitas tinggi dan lebih rendah biaya. Karakteristik dari model pasar untuk OSS pengembangannya meliputi:
  1. mendistribusikan pengembang komunitas global dengan bekerja sama melalui internet
  2. pengembang yang bekerja secara paralel
  3. pengembangan yang memanfaatkan kekuatan peer review untuk debugging dan analisis kebutuhan
  4. rilis jadwal yang cepat dan
  5. proyek dengan pengembang profesional yang berpengalaman dan terhormat.
      Keberhasilan model pembangunan OSS menimbulkan banyak pertanyaan, terutama di bidang ekonomi dan organisasi teori. Madey dkk. (2002, hal. 1807) merumuskan seperti ini: Gerakan OSS adalah sebuah fenomena yang menantang banyak teori tradisional dalam ilmu ekonomi, rekayasa software, strategi bisnis, dan manajemen IT.
      Studi empiris telah dilakukan pada ukuran dan distribusi dari tim pengembangan (Crowston dan Howison, 2005), perbandingan organisasi berbagai proyek OSS (Dempsey et al, 1999;. Gallivan, 2001; Mockus et al, 2002), dan organisasi. Hubungan sosial dan insentif dalam komunitas OSS (Bergquist dan Ljungberg, 2001; Lerner dan TRIOLE, 2002). Semua peneliti memberikan kode sehingga orang lain bisa memeriksa, menggunakan, dan memperbaikinya. Modus ini bekerja seperti cara di mana peneliti selalu berbagi ide melalui publikasi, laporan, catatan, dan konferensi. Ini modus yang diberikan agak informal, dan sebagai hasilnya AT & T bisa mulai menegakkan HKI pada UNIX pada awal 1980-an. Ini adalah salah satu memicu untuk pengembangan lisensi GNU.

Aplikasi Umum Open Source
            Banyak alat-alat dan jasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan OSS, khususnya pada sisi server (misalnya, e-mail berdasarkan sendmail, website didasarkan pada Apache, server yang berjalan di Linux). Untuk kualitas yang tinggi, alternatif dari OSS yang tersedia yaitu software dengan biaya. Contohnya termasuk Thunderbird (2006) sebagai mail client, Firefox (2006) sebagai browser, GIMP (2006) sebagai alat gambar canggih, FreeMind (2006) sebagai alat pemetaan-pikiran, Eclipse (2006) sebagai perangkat lunak yang terintegrasi pengembangan lingkungan, atau OpenOffice.org (2006) sebagai sebuah office suite. Sebagian besar alat-alat yang dioperasikan dengan software komersial melalui penggunaan filter impor dan ekspor ke format yang berbeda.

Open Source dalam Belajar, Pendidikan, dan Pelatihan
Perangkat lunak open source digunakan dalam berbagai cara belajar, pendidikan, dan konteks pelatihan. Banyak jenis penggunaan komputer melibatkan beberapa jenis pembelajaran informal, seperti melakukan pencarian dengan Google, Wikipedia, membuat dan menggunakan podcast, menulis dan membaca blog, wiki dan sebagainya.
Penggunaan OSS di sekolah sedang dieksplorasi dan diterapkan di banyak wilayah di dunia untuk penghematan biaya dan merangsang industri lokal yang merupakan isu penting. Dalam kasus ini, sistem operasi Linux sering digunakan sebagai dasar untuk paket pendidikan perangkat lunak yang berisi pilihan umum dan spesifik aplikasi open source yang dapat digunakan di sekolah-sekolah (lihat, misalnya, Edubuntu, 2006).
Selain produk ini, banyak proyek yang memberikan aplikasi pendidikan tertentu. E-learning menawarkan manajemen sumber belajar membuka beberapa sistem (LMS), termasuk Moodle (2006), Sakai (2006), Bodington (2006), Atutor (2006), dan Dokeos (2006), dan lain-lain.
Becta (2005) telah melakukan studi tentang penggunaan OSS di sekolah U.K. Kasus-kasus yang disajikan dalam penelitian menunjukkan bahwa OSS dapat digunakan sebagai sistem operasi server, operasi desktop, dan untuk aplikasi yang digunakan di dalam kelas atau untuk administrasi. Penelitian itu juga menyebutkan alasan mengapa sekolah pindah untuk OSS:
  • Mereka menyukai transparansi dan fleksibilitas, yang dapat mengubah perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Ada nilai pendidikan untuk siswa dengan menyediakan pengalaman yang lebih luas dari operasi sistem dan perangkat lunak.
  • Ini adalah cara untuk mencapai nilai uang yang dihabiskan dalam memperluas jaringan ICT dan fasilitas.
  • Mereka memiliki akses ke pengetahuan yang sesuai keterampilan dan pengalaman untuk mendukung implementasi OSS.
  • Sebagian besar stakeholder (siswa, guru, orang tua) juga menghargai penggunaan OSS.
Kelemahan ini diidentifikasi meliputi kurangnya kurikulum tertentu pada courseware, masalah kompatibilitas dengan beberapa software komersial, dan kurangnya keakraban antara guru dan murid. Studi ini juga memiliki temuan bahwa pengeluaran biaya penggunaan OSS itu rendah dibandingkan dengan penggunaan perangkat lunak yang dengan biaya, tapi sebagian besar tergantung pada cara OSS digunakan dan kebutuhan.

Referensi
Spector, J. Michael, M. David Merrill, dkk. 2008. Handbook of Research on Educational Communications and Technology: Third Edition. New York: Lawrence Erlbaum Associates

0 comments:

Post a Comment