Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Monday, October 28, 2013

Posted by nivo's blog On 5:32 PM
Masih ingatkah para pemuda-pemudi Indonesia akan tanggal 28 Oktober? Tanggal 28 Oktober merupakan salah satu tanggal bersejarah bagi Indonesia karna di tanggal ini tercipta cita-cita negara kita tercinta akan Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia.

28 Oktober merupakan Hari Sumpah Pemuda. Kini, hari Sumpah Pemuda sudah berumur 85 tahun sejak tahun 1928 hingga tahun 2013 ini. Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).
Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan". 

Berikut ini merupakan rumusan atau isi dari naskah Sumpah Pemuda:

Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Dalam kongres tersebut, rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis oleh Muhammad Yamin dalam secarik kertas dan dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin. (sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda).

0 comments:

Post a Comment