A.
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi yang begitu cepat, maka terlebih khusus dalam sebuah pembelajaran
diperlukannya sebuah metode dan media pembelajaran yang baru, sebut saja
penggunaan media jejaring sosial facebook.
Facebook merupakan salah satu media social network yang sangat
terkenal, dengan menggunakan facebook, pengguna dapat berinteraksi dengan
pengguna lainnya dari seluruh dunia. Sebagai media sosial network yang
diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, Sekarang
ini sudah mulai terlihat bahwa facebook dapat dijadikan acuan sebagai metode
dan media pembelajaran seperti yang digunakan pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan
untuk mahasiswa semester 096 Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri
Jakarta.
Oleh karena itu dalam artikel yang berjudul “Facebook as a Learning's Facilities : Forum
Group Discussion IDP” ini, akan dibahas lebih lanjut untuk mengetahui
tingkat keaktifan mahasiswa semester 096 Jurusan Teknologi Pendidikan dalam
mengikuti dan menjawab kuis-kuis di dalam forum group discussion IDP yang
mengacu kepada hasil survei yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.
RUMUSAN MASALAH
1. apakah forum group discussion IDP
ini termasuk inovasi?
2. Alasan apa yang dapat mendukung
jawaban diatas?
3. Berapakah responden (mahasiswa TP)
yang menjawab YES, NO, atau YES dan NO?
TUJUAN DAN MANFAAT
Dari hasil survey yang diambil dari keaktifan mahasiswa
Teknologi Pendidikan dalam mengikuti forum group discussion IDP ini memiliki
tujuan yaitu:
· Memotivasi mahasiswa TP untuk
berperan aktif di forum group discussion IDP
· Mengubah facebook sebagai media
untuk belajar.
· Mengetahui tingkat keaktifan
mahasiswa TP dalam mengikuti forum group discussion IDP
Adapun manfaat dari adanya survei akan keaktifan kepada 31 mahasiswa
TP dalam forum IDP dengan menggunakan teknik pertanyaan YES, NO, atau YES dan
NO ini adalah sebagai berikut.
· Mahasiswa semakin giat untuk
mengemukakan pendapatnya terhadap soal-soal yang diberikan
· Mahasiswa terlihat memiliki alasan
yang beragam namun pada intinya adalah sama
· Mahasiswa yang tadinya sedikit pasif
menjadi aktif dalam mengikuti sebuah forum sejenis ini
B. HASIL
SURVEI
Keaktifan mahasiswa-mahasiswi Teknologi Pendidikan semester
096 yang mengikuti perkuliahan Difusi Inovasi Pendidikan dituntut untuk dapat
berperan aktif di dalam perkuliahan tatap muka maupun dalam berdiskusi di forum
group discussion IDP yang menggunakan media facebook sebagai media
pembelajaran.
Adapun hasil survei per tanggal 4 Maret 2012 pukul 13:59 WIB
terhadap keaktifan mahasiswa dalam forum didapatkan hasil sebagai berikut.
Terlihat dari hasil survei diatas sudah terlihat cukup
banyak mahasiswa-mahasiswi Teknologi Pendidikan dalam berperan aktif dalam
mengikuti dan menjawab pertanyaan YES, NO, atau YES dan NO di forum group discussion
IDP hingga pukul 13:59 WIB. Artinya, mahasiswa tidak hanya menggunakan facebook
sebagai media sosial semata, tetapi juga digunakan sebagai media berdiskusi.
Dari hasil data survei diatas, dapat disimpulkan juga bahwa
tingkat keaktifan mahasiswa-mahasiswi sangat cermat dan tinggi dalam mengikuti
forum group discussion IDP. Sehingga dengan adanya forum semacam ini, mereka
mengakui bahwa forum IDP ini sangat penting dan berguna selama mereka mengikuti
mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
C. PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil survei diatas yang disajikan dengan
menggunakan diagram batang dan lingkaran dihasilkan beberapa kesimpulan yang
meliputi:
· 10 mahasiswa/i (32%) aktif dalam
menjawab. Sementara itu, 21 mahasiswa/i (68%) belum menjawab forum tersebut.
· 2 mahasiswa/i yang menjawab forum
IDP sebagai inovasi (YES) dengan alasan yang berbeda, dan 8 mahasiswa yang
menjawab YES dan NO forum IDP sebagai inovasi dengan alasan yang pada intinya
sama. Adapun alasan yang sama dengan jawaban YES dan NO pada dasarnya adalah.
a. Mengarah kepada definisi Rogers yang
mengatakan bahwa Dalam bukunya Diffusion of Innovation, Rogers
mengatakan bahwa “innovation is an idea,
practice, or object that is perceived as new by an individual or others unit of
adoption”. Artinya inovasi
adalah suatu ide, gagasan, praktek atau objek/benda yang disadari dan diterima
sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok untuk diadopsi.
Berdasarkan definisi Rogers tersebut, mahasiswa mengatakan bahwa forum group
discussion IDP ini termasuk sesuatu yang baru dalam pembelajaran karena memanfaatkan sebuah situs jejaring sosial yang biasanya hanya digunakan
sebagai media chatting dan bermain saja.
b. Sementara itu mengarah kepada
definisi Reigeluth yang mengatakan bahwa inovasi inovasi
merupakan suatu
proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu
tujuan tertentu dimana hal ini dilakukan untuk memperbaiki sistem yang telah
ada sebelumnya dengan melibatkan berbagai aspek agar tujuan yang telah
ditetapkan dapat tercapai, mahasiswa mengatakan bahwa setelah mata kuliah ini
selesai dan berakhir di Ujian Semester nanti, maka tidak akan ada tindak lanjut
untuk ke depannya. Artinya artinya forum group discussion IDP ini tidak akan
berlanjut setelah perkuliahan ini selesai di akhir semester dan forum group
discussion cenderung tidak akan digunakan lagi oleh mahasiswa/i bahkan
ditinggalkan begitu saja oleh sebagian besar mahasiswa.
Dari hasil survei tersebut, maka dengan adanya forum semacam
ini mengakibatkan mahasiswa TP untuk semakin aktif dalam mengikuti sebuah
diskusi khususnya diskusi dalam mata kuliah IDP dengan media facebook. Dan
seharusnya, bagi mahasiswa yang belum bisa berdiskusi atau masih bersikap
pasif, diharapkan untuk dapat berperan aktif dalam forum tersebut karena
bagaimanapun juga forum IDP ini sangat bermanfaat bagi kalangan mahasiswa TP.
D. KESIMPULAN
Facebook sebagai jejaring sosial dapat dijadikan sebagai
media pembelajaran baru yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar,
seperti terlihat pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.
Dari hasil survei per tanggal 4 Maret 2012 pada pukul 13:59
WIB terlihat 10 mahasiswa TP telah berperan aktif dalam berdiskusi dan menjawab
pertanyaan mengenai forum IDP sebagai inovasi atau bukan dengan berbagai
penjelasan yang bervariasi namun pada intinya adalah sama. Menurut sebagian
besar mahasiswa, mengatakan bahwa forum IDP ini termasuk inovasi dan sesuatu
yang baru dalam pembelajaran. Akan tetapi, forum IDP ini juga dapat dikatakan
bukan sebuah inovasi dikarenakan forum ini tidak memiliki tindak lanjut ke
depannya.
Namun, yang perlu diperhatikan dalam forum group discussion
IDP ini adalah setiap mahasiswa harus memiliki kesadaran dan mengubah sikap
pasifnya untuk dapat berperan aktif dalam mengikuti diskusi di forum ini.
Karena bagaimanapun juga pembelajaran dengan menggunakan forum facebook ini
terbilang sangat efektif karena bisa diakses menggunakan berbagai teknologi
mulai dari telepon seluler hingga komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Roger,
Everett M. 1995. Diffusion of Innovations Four Edition.New York: The Free Press
https://www.facebook.com/groups/168239919956693/
https://www.facebook.com/groups/168239919956693/
http://blog.tp.ac.id/analogi-model-elaborasi#ixzz1ngVc5HV9
http://pertanyaan.com/artikel/apa-itu-facebook
http://bownet.wordpress.com/2009/05/04/apa-itu-facebookdan-bagaimana-cara-membuatnya/
peri gud nipo.. (blognya maksudnya)
ReplyDelete