Selamat Datang, Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat!

Friday, May 27, 2011

Posted by nivo's blog On 6:11 PM
BAB I
PENDAHULUAN


1. Latar Belakang

  Banyak sekali perubahan yang terjadi sebagai dampak munculnya globalisasi dalam kehidupan masyarakat, termasuk dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, sebut saja televisi. Televisi sebagai media informasi dan komunikasi yang merupakan bagian dari hidup manusia tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Karena masyarakat dengan mudah menerima segala informasi yang terjadi dalam kehidupan ini.
  Televisi menyediakan banyak sekali menayangkan program-program, mulai dari acara bertajuk hiburan, informasi, pendidikan, dan sebagainya. Akan tetapi, televisi tidak hanya berfungsi sebagai hiburan semata, tetapi juga dapat berperan sebagai media komunikasi visual artinya televisi menjadi salah satu media untuk menyampaikan suatu pesan kepada khalayak umum melalui tayangan visual.
  Oleh karena itu, dalam makalah yang berjudul “Integrasi Konsep Komunikasi Visual Televisi” ini akan dibahas sejauh mana televisi memegang peranan penting dalam sebuah komunikasi visual sehingga nantinya pesan yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat.

2. Rumusan Masalah
· Bagaimana sejarah perkembangan televisi?
· Komponen apa sajakah yang terdapat pada televisi sebagai media komunikasi visual?



BAB II
PEMBAHASAN


1. SEJARAH TELEVISI

  Pada tahun 1873 seorang operator telegram asal Valentia, Irlandia yang bernama Joseph May menemukan bahwa cahaya mempengaruhi resistansi elektris selenium. Ia menyadari itu bisa digunakan untuk mengubah cahaya kedalam arus listrik dengan menggunakan fotosel silenium (selenium photocell).
Setelah beberapa kurun waktu lamanya kemudian, diciptakan piringan metal kecil berputar dengan lubang-lubang didalamnya oleh seorang mahasiswa yang bernama Paul Nipkow di Berlin, Jerman pada tahun 1884 dan disebut sebagai cikal bakal lahirnya televisi. Sekitar tahun 1920 John Logie Baird dan Charles Francis Jenkins menggunakan piringan karya Paul Nipkow untuk menciptakan suatu sistem dalam penangkapan gambar, transmisi, serta penerimaannya. Mereka membuat seluruh sistem televisi ini berdasarkan sistem gerakan mekanik, baik dalam penyiaran maupun penerimaannya. Pada waktu itu belum ditemukan komponen listrik tabung hampa (Cathode Ray Tube).
  Televisi elektronik agak tersendat perkembangannya pada tahun-tahun itu, lebih banyak disebabkan karena televisi mekanik lebih murah dan tahan banting. Bukan itu saja, tetapi juga sangat susah untuk mendapatkan dukungan finansial bagi riset TV elektronik ketika TV mekanik dianggap sudah mampu bekerja dengan sangat baiknya pada masa itu. Sampai akhirnya Vladimir Kosmo Zworykin dan Philo T. Farnsworth berhasil dengan TV elektroniknya. Dengan biaya yang murah dan hasil yang berjalan baik, orang-orang mulai berangsur-angsur mulai meninggalkan TV mekanik dan menggantinya dengan TV elektronik.
  Vladimir Zworykin, yang merupakan salah satu dari beberapa pakar pada masa itu, mendapat bantuan dari David Sarnoff, Senior Vice President dari RCA (Radio Corporation of America). Sarnoff sudah banyak mencurahkan perhatian pada perkembangan TV mekanik, dan meramalkan TV elektronik akan mempunyai masa depan komersial yang lebih baik. 

TV ELEKTRONIK
  Baik Farnsworth, maupun Zworykin, bekerja terpisah, dan keduanya berhasil dalam membuat kemajuan bagi TV secara komersial dengan biaya yang sangat terjangkau. Di tahun 1935, keduanya mulai memancarkan siaran dengan menggunakan sistem yang sepenuhnya elektronik. Kompetitor utama mereka adalah Baird Television, yang sudah terlebih dahulu melakukan siaran sejak 1928, dengan menggunakan sistem mekanik seluruhnya. Pada saat itu sangat sedikit orang yang mempunyai televisi, dan yang mereka punyai umumnya berkualitas seadanya. Pada masa itu ukuran layar TV hanya sekitar tiga sampai delapan inchi saja sehingga persaingan mekanik dan elektronik tidak begitu nyata, tetapi kompetisi itu ada disana.
  TV RCA, Tipe TT5 1939, RCA dan Zworykin siap untuk program reguler televisinya, dan mereka mendemonstrasikan secara besar-besaran pada World Fair di New York. Antusias masyarakat yang begitu besar terhadap sistem elektronik ini, menyebabkan the National Television Standards Committee [NTSC], 1941, memutuskan sudah saatnya untuk menstandarisasikan sistem transmisi siaran televisi di Amerika. Lima bulan kemudian, seluruh stasiun televisi Amerika yang berjumlah 22 buah itu, sudah mengkonversikan sistemnya kedalam standard elektronik baru.
  Pada tahun-tahun pertama, ketika sedang resesi ekonomi dunia, harga satu set televisi sangat mahal. Ketika harganya mulai turun, Amerika terlibat perang dunia ke dua. Setelah perang usai, televisi masuk dalam era emasnya. Sayangnya pada masa itu semua orang hanya dapat menyaksikannya dalam format warna hitam putih.

TV BERWARNA
  Sebenarnya CBS sudah lebih dahulu membangun sistem warnanya beberapa tahun sebelum rivalnya, RCA. Tetapi sistem mereka tidak kompatibel dengan kebanyakan TV hitam putih diseluruh negara. CBS yang sudah mengeluarkan banyak sekali biaya untuk sistem warna mereka harus menyadari kenyataan bahwa pekerjaan mereka berakhir sia-sia. RCA yang belajar dari pengalaman CBS mulai membangun sistem warna menurut formatnya. Mereka dengan cepat membangun sistem warna yang mampu untuk diterima pada sistem warna dan sistem hitam putih. Setelah RCA memamerkan kemampuan sistem mereka, NTSC membakukannya untuk siaran komersial thn 1953.
  Seiring dengan berjalannya waktu serta perkembangan teknologi, televisi dari waktu ke waktu mulai banyak perbaikan dan penambahan dari sisi teknologinya. Untuk waktu kedepan televisi perlahan mulai meninggalkan teknologi analog dan menginjak ke era yang disebut televisi digital dengan kemampuan dan kualitas yang lebih baik dari generasi sebelumnya yang lazim disebut dengan teknologi IPTV [Internet Protocol Television].
  Budaya tren di televisi adalah berputar, seperti dengan bentuk seni, apa yang populer di beberapa titik di waktu akhirnya memudar. Hari ini tren belum tentu besok masih akan tren lagi. Akan sesuatu yang berbeda. crictics televisi Kebanyakan setuju bahwa studio akan sakit disarankan untuk terlalu bergantung pada program tanpa naskah. Untuk itu, studio tidak pernah dapat membuat banyak uang dari returs karena pasar untuk menunjukkan realitas sindikasi, dengan sebagian besar mengetahui bagaimana kisah akan berakhir, terbatas untuk onether, akar televisi adalah di scripted, drama teater yang berbasis fiksi dan komedi. 



2. TELEVISI DAN ENAM PERSPEKTIF

1. Perspektif Pribadi
  Televisi adalah mudah untuk mengkritik, mantan komisi komunikasi federal (FCC), kursi newton Minow, dalam pidato tahun 1961, disebut media "sebuah Westerland luas" filsuf Bertrand Russell geram yang tidak lebih dari "permen karet untuk mata" dalam beberapa budaya , adalah hip untuk mengkritik "tabung payudara" Mark Miller, dalam bukunya kotak dalam, menulis bahwa "banyak waktu ketika kita menonton TV kita tahu bahwa itu adalah bodoh dan menikmati perasaan superioritas" Mark Frost, cocreator dengan David Lynch dari "Peaks kembar" berumur pendek dan dipuji secara kritis serial televisi, mengakui, "di negeri ini, televisi umumnya digunakan sebagai media untuk mempersiapkan orang untuk komersial. 
  Apakah Anda menonton televisi tidak ada atau menonton selama tujuh jam sehari, maka kamu bisa mengambil satu kesimpulan yang lebih jernih. Televisi adalah media di mana penampil diganti dengan tugas untuk memahami semuanya.

2. Perspektif Sejarah
  Di tahun 1930-an, ketika Hollywood eksekutif pemimpin pertama tentang media baru televisi, mereka tertawa pada ide radio dengan gambar. Pada tahun 1940 mereka khawatir itu cukup menurunkan harga tiket dan menawarkan fitur-fitur ganda, pada 1950-an perang berakhir-televisi telah menjadi bentuk yang paling populer dari hiburan bagi orang Amerika. Sejak tahun 1960, sikap eksekutif industri film telah bekerjasama.

3. Perspektif Teknis
v Kamera
  Menggunakan kontrol kamera video adalah sama dengan menggunakan kamera biasa, dan pertimbangan ditembak ditentukan dengan cara yang sama seperti dalam film. Perbedaan utama antara kamera yang digunakan untuk diam atau produksi film dan satu televisi musuh yang digunakan adalah bahwa kamera video memiliki tabung atau microchip, yang disebut beberapa biaya perangkat (CCD), yang mengubah gambar menjadi setara listrik. Ketika sebuah operator televisi berfokus pada subjek dengan lensa kamera, gambar pemogokan lapisan bahan peka cahaya yang terdiri dari titik, yang memancarkan muatan listrik. Sebuah titik di bagian terang gambar mengirimkan muatan yang lebih tinggi dari satu di bagian gelap gambar. Semua muatan listrik dari titik-titik pemogokan target dan menyusun versi listrik foto dalam bentuk 525 garis Sebuah pistol elektron di bagian belakang kamera (baris 636 atau 840 untuk sistem non AS.) Menghasilkan aliran elektron yang memindai target.
  Dalam sistem AS, elektron pemindaian dimulai dengan baris ganjil dan mengulangi proses tersebut dengan baris genap. Kedua scan mengambil 1 / 30 detik, atau menyelesaikan pemindaian dengan kecepatan 30 frame per detik. Scan gambar listrik akan dikirim melalui kawat ke monitor di daerah kontrol master stasiun mana sutradara composes program dengan beralih dari citra satu kamera yang lain. Gambar-gambar ini direkam di pita video untuk dikirim di lain waktu atau dikirim langsung. 

v Transmisi mode
  Sinyal televisi dapat dikirim ke rumah dalam berbagai cara. transmisi udara termasuk siaran dan satelit. koneksi Bumi melibatkan kabel koaksial, saluran listrik, dan kabel serat optik. 

v Transmisi udara
a. Siaran
  Awalnya rumah memerlukan antena untuk mengambil sinyal audio dan video yang dikirim oleh stasiun televisi. Sinyal suara yang dikirim melalui radio FM, gambar dapat berasal dari saluran baik VHF atau UHF pada spektrum elektromagnetik. VHF dan UHF dikenal sebagai gelombang pembawa line-of-sight. VHF merupakan saluran yang lebih kuat karena dapat melalui berbagai hambatan seperti bangunan, gunung, atau sistem cuaca yang besar, tetapi UHF saluran yang rentan terhadap gangguan. Namun metode tersebut dengan cepat menjadi usang. 

b. Satelit
  Satelit siaran langsung (DBSs) adalah generasi baru teknologi resepsi yang menggunakan transmisi digital untuk mengirim ratusan saluran untuk hidangan 18-inch-diameter, jendela-mount dengan gambar berkualitas tinggi dan suara.
  Satelit A harus ditempatkan di 'slot' yang 916 mil lebar untuk menghindari benturan dan gangguan frekuensi dengan satelit lain (meskipun kadang-kadang lebih dari satu satelit menempati ruang A). Mengelilingi bumi, oleh karena itu, ada 180 slot untuk satelit. Karena eksekutif perusahaan peralatan mereka ingin terbang di atas wilayah padat penduduk, menggunakan satelit dan slot akan menjadi lebih mahal.

v Bumi Transmisi
a. Kawat koaksial
  Salah satu koneksi rumah yang paling umum untuk televisi adalah melalui kabel tradisional. Kabel coaxial terdiri dari dua kabel metal yang dipisahkan oleh isolasi, satu kabel mengirimkan suara dan satu lagi mengirimkan gambar. Sebuah perusahaan kabel membayar biaya untuk menerima sinyal dari produsen program melalui parabola besar. Kabel koaksial fasilitas operator menghubungkan kabel ke rumah seseorang. Tergantung pada layanan yang diinginkan, rumah dapat menerima 50 sampai 500 saluran. Jika diperlukan, perusahaan kabel persediaan kotak konverter yang terhubung ke pesawat televisi dan perubahan sinyal kabel sehingga penerima dapat menampilkan gambar. Namun, set TV paling baru adalah 'kabel-siap', memiliki built-in converter sinyal. Dengan kompresi digital dari sinyal kabel dan kotak konverter jauh lebih canggih yang menerjemahkan sinyal digital dikompresi, para ahli memprediksi bahwa kabel koaksial dengan mudah dapat digunakan untuk mengirimkan lebih banyaksaluran. 

b. Saluran listrik
  Sebagaimana ditunjukkan selama Konsumen Electronics Show pada tahun 2004 oleh Paul Liao, kepala kantor teknologi untuk Panasonic, jalur listrik dapat digunakan untuk video berkualitas tinggi dan transmisi audio televisi. Walaupun ada kekhawatiran dengan gangguan gambar saat perangkat listrik lain diaktifkan, teknologi ini menjadi lebih handal. Selain itu, pasar aliansi HomePlug adaptor untuk komputer yang dipasang ke stopkontak di dinding sehingga Internet dan layanan web dapat diakses melalui jaringan listrik. 

c. Fiber-Optic Kabel
  Banyak ahli memperkirakan bahwa kabel serat optik akan menjadi sistem pengiriman pilihan di masa depan. Alasannya sederhana-sinyal audio dan video dapat dikirim dalam dua arah melalui pulsa cahaya dalam kaca filamen mirip rambut dengan sedikit statis. Karena cahaya adalah gelombang pembawa, jumlah informasi yang dapat dikirimkan hampir tak terbatas. Kabel serat optik akan membuat maju pelayanan pendidikan dan hiburan mungkin karena menggantikan teknologi transmisi saat kabel rumah komunikasi-koaksial dan siaran-dengan jalur cahaya. Kabel serat optik memiliki potensi untuk mengubah televisi menjadi media yang sama sekali berbeda dan terbaik. Fitur dari buku, koran, majalah, telepon, film, radio, televisi, dan komputer digabungkan menjadi sebuah mesin tunggal, teleputer tersebut.

v Penerima
  Reproduksi dari sinyal untuk melihat rumah adalah cadangan dari proses yang terjadi di dalam kamera video. Di bagian belakang CRT senapan elektron scan bagian belakang layar gambar dalam cara yang sama seperti tabung kamera. Warna televisi diproduksi ketika elektron menyebabkan berpendar merah, hijau, dan titik biru pada layar untuk cahaya, sesuai dengan kecerahan gambar. Pada tiga puluh frame kedua, memadukan satu bingkai ke lain (seperti dengan gambar bergerak) untuk membentuk suatu gambar terus menerus. Sepuluh baris dari 525 yang membentuk satu set televisi AS tidak digunakan untuk gambar. Disebut video-blanking interval (VBI), hitam strip ini dapat digunakan untuk informasi tekstual. 
  Sebuah generasi baru dari televisi, bagaimanapun, mengatasi masalah dengan layar yang merupakan rasio yang sama seperti dalam teater. Televisi definisi tinggi (HDTV) telah lompatan dalam pengembangan teknologi mirip dengan beralih dari hitam dan putih untuk warna. Dengan transmisi digital, gambar tampak tajam seperti foto-sepuluh kali berkualitas tinggi resolusi gambar yang diperoleh dengan siaran televisi analog. Suara kualitas CD. Tapi, dengan transmisi digital, set televisi bisa menjadi komputer interaktif di mana pengguna dapat memesan kapan mereka ingin melihatnya. 

4. Perspektif Etis
  Bukan suatu kebetulan bahwa sebuah pesawat televisi biasanya duduk di ruang yang paling nyaman di rumah. Meskipun suatu alat impersonal, hal itu membangkitkan respons emosional yang sama sebagai kursi favorit, bantal lembut, atau seorang teman yang menarik. Kepribadian karakter televisi menjadi nyaman dalam hidup kita. Acara Talk-show dan berita-cast melihat langsung ke kamera dan berbicara langsung kepada kita.
  Biaya adalah diterima dari gambar-gambar saat itu sebagai wakil nyata dan masyarakat secara keseluruhan. Seperti keyakinan datang dari budaya gagasan bahwa pendidikan dan pembelajaran yang pahit-mencicipi obat-obatan yang berakhir setelah Anda berada di luar sekolah. Gagasan yang populer adalah bahwa televisi hanyalah bentuk hiburan, dimaksudkan untuk memberikan tertawa atau getaran yang serius. Sedangkan isu-isu sosial yang sensitif tidak termasuk di televisi karena pemrograman tersebut dianggap membosankan, berpikiran tinggi, dan elitis. 
  Hiburan dan pendidikan telah digabung menjadi sesuatu yang disebut Program 'edutainment.' Dan iklan semua memiliki tingkat bunga yang sama dan gaya visual. Fiksi dan nonfiksi dalam menunjukkan drama dan berita mendapatkan campur aduk bersama-sama. Kecil, isu signifikan menjadi tren penting karena pukulan media mereka di luar proporsi. Vital, keprihatinan penting bisa dikurangi menjadi perang-layar kecil saat makan malam. Simpleminded stereotip tentang orang dan generalisasi tentang masyarakat diperkuat. 

· Ratings
  Rating dapat diketahui dengan alat bernama ”peoplemeter” yang ditempelkan pada pesawat televisi. Rating itu hanya berlaku pada kota-kota besar saja. Sebuah rating tinggi adalah penting untuk keberhasilan menunjukkan dapat mengisi lebih banyak untuk waktu komersial dibandingkan dengan program buruk pengenal. 
  Sebuah titik rating tunggal dapat berjumlah jutaan dolar dalam pendapatan ke jaringan. Dan dengan program individu penetapan biaya sebanyak $ 1 juta, eksekutif jaringan tidak perlu hanya penonton besar, tetapi juga pemirsa yang lebih muda, kelas atas, dan kemungkinan untuk membeli produk yang diiklankan. Sebuah acara dengan pemirsa dari 5 sampai 10 juta, meski jauh lebih besar dari sirkulasi surat kabar harian paling dan pelanggan untuk majalah banyak, dianggap bom. Suatu program dapat menjadi populer, dapat menarik audiens yang besar, tapi masih dapat dibatalkan karena pemirsa adalah dari jenis demografi salah.

· Stereotip
  Mengharapkan program televisi harus benar-benar bebas dari beberapa jenis stereotip individu tidak masuk akal. Seseorang, di suatu tempat, pasti objek ke karakterisasi media. Namun karena ruang lingkup besar dan pengaruh televisi, produsen perlu sangat sensitif untuk karakterisasi yang memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan. 

· Kekerasan seksual dan tema
  Tidak ada perbedaan yang dibuat antara fiksi dan nonfictional kekerasan. Media gambar secara umum, tetapi di televisi khususnya, yang dipersalahkan atas segala sesuatu dari peningkatan pelecehan seksual di sekolah.
Common sense menimbulkan pertanyaan apakah skandal minggu menyapu seksi dan mengerikan dibuat untuk film televisi mengambil tol pada budaya. menunjukkan berita lokal mengambil isyarat dari menunjukkan berita tabloid dan malam mereka membuat laporan visual yang dramatis dan sederhana. Salah satu definisi tradisional untuk berita ini nilai intrinsik sebuah cerita dalam menjelaskan suatu segi tertentu dari suatu komunitas. 
  Agresi seksual dan tindak kekerasan lainnya yang dilakukan oleh anggota budaya sebagian akibat tekanan sosial-ketersediaan senjata yang mudah, hanya sedikit kesempatan kerja dan pendidikan, dan gambaran keluarga kesulitan-dan tidak hanya kekerasan di layar. Pertahanan terbaik terhadap seks serampangan dan kekerasan, serta stereotip dan penekanan pada rating, adalah untuk membuat tampilan pilihan cerdas. Orang tua harus memantau kebiasaan menonton anak-anak mereka dan menjelaskan adegan yang mengganggu mereka. Karena isi program televisi adalah hasil dari kehendak kolektif setidaknya sebagian dari budaya, setiap penonton memiliki tanggung jawab etis dan moral untuk menjamin bahwa nilai-nilai positif yang disampaikan melalui media. Pada saat yang sama, kekuatan masyarakat yang demokratis berasal dari sudut pandang yang memungkinkan beragam di media. Seksual dan tindak kekerasan yang tidak digambarkan untuk dampak sensasional dapat berfungsi sebagai model perilaku sosial yang tidak pantas. Televisi adalah media yang paling kuat dan mencakup untuk komunikasi budaya dalam masyarakat modern. Karena harus melayani individu dan seluruh budaya, eksekutif televisi memiliki tanggung jawab untuk cukup melayani semua pemirsa. 
Prihatin tentang isi program yang diantar ke rumah, diperlukan bahwa 10 persen (kemudian meningkat menjadi 35 persen) dari suatu hari siaran akan pendidikan. Aturan ini menandai awal dari sebuah pergeseran dalam alokasi frekuensi oleh FCC regulasi konten. Namun, sensor langsung terbukti tidak efektif. McCarthy kemudian didiskreditkan dan dikecam oleh Senat pada 1954 setelah siaran berita di mana Edward R. Murrow, wartawan CBS, mengungkapkan praktek yang tidak adil McCarthy BTA .
  Pada tahun 1958 skandal acara kuis mengguncang industri televisi. Sebuah penyelidikan kongres menemukan bahwa kontestan telah dilatih dengan jawaban yang benar untuk membuat program lebih dramatis. Jaringan banyak kuis dibatalkan setelah Charles Van Doren bersaksi bahwa ia telah diberikan jawaban atas menunjukkan "Twenty-One." Kuis menunjukkan untuk kembali ke televisi siang hari, tetapi di bawah peraturan kaku tertentu. Seperti halnya dengan industri film, televisi juga menjadi target dari upaya politik oleh konservatif untuk mengontrol isi program. Sejak tahun 1950-an, jaringan itu sendiri, pemerintah, pengiklan, dan kelompok tekanan publik untuk berbagai tingkatan telah mengatur isi program televisi.
  Warna, video, dan kabel diperkenalkan pada 1950-an, dan CBS dan RCA pro mengajukan dua sistem yang berbeda untuk kamera dan penerima warna. FCC mencoba untuk menunda beralih ke warna, rasa takut bahwa transisi akan terlalu mahal. Namun, FCC menyetujui teknologi RCNs warna sebagai standar industri. Mengatur televisi berwarna pertama diperkenalkan pada tahun 1954 dengan biaya sebesar $ 1.000 (setara dengan sekitar $ 6.500 dalam dolar hari ini). Karena tingginya biaya set dan waktu yang diperlukan untuk stasiun tersebut untuk mengubah warna, mereka tidak segera populer. Salah satu pertunjukan pertama ditampilkan dalam warna di NBC's "Walt Disney Wonderful World of Color" yang dimulai tahun 1961. Ini membuka dengan jaringan merak cerah dicat dan dituan-rumahi oleh Walt Disney. Acara ini sebanyak itu adalah televisi berwarna komersial promosi untuk Disney. Pada akhir 1950-an, teknologi video merevolusi produksi televisi.

Tahun 1980-an
  Pada 1980-an, Kota Modal Komunikasi membeli ABC; General Electric dibeli perusahaan induk NBC, RCA, dan rumah Westing dibeli CBS. Biaya-langkah pemotongan pada ketiga jaringan menghasilkan wartawan yang sangat terlatih lebih sedikit di divisi berita mereka. Langkah ini memungkinkan 24-jam berita Ted Turner saluran, Cable News Network (CNN), untuk menjadi unggul sumber berita di seluruh dunia. Pada tahun 1985, tabloid mogul Rupert Murdoch Australia membeli setengah kontrol 20th Century Fox. Dua tahun kemudian Fox Broadcasting Company, sebuah jaringan penyiaran keempat, memperkenalkan satu malam minggu yang diproduksi Fox-105 yang menunjukkan kepada stasiun independen.
  Dengan keberhasilan "The Simpsons" (lihat Bab 11), pemrogramannya, sekali didominasi oleh tayangan ulang, diperluas untuk mencakup beberapa produksi asli. Untuk melindungi investasi mereka, jaringan televisi, perusahaan kabel, dan studio film telah terbentuk kemitraan. Sebagai contoh, HBO, CBS, dan Columbia Pictures dibentuk TriStar Pictures, Inc, untuk membuat gambar gerak untuk kedua layar besar dan kecil.

Tahun 1990-an
  Keprihatinan atas komersialisme berlebihan pada anak-anak diminta menunjukkan hukum 1990, Children's Television Undang-Undang, bahwa stasiun terbatas pada 12 menit iklan per jam pada hari kerja dan pedoman yang dibuat untuk program pendidikan untuk anak-anak. 1990-an juga melihat metode penyampaian untuk sistem saluran diperluas yang mencakup siaran, satelit bertenaga tinggi, telepon, kabel standar dan digital, dan teknologi serat optik. Inovasi lain yang memiliki efek yang luar biasa untuk televisi dan industri film adalah cakram digital serbaguna (DVD). Karena sejumlah besar data yang dapat muat pada DVD, film dapat menyertakan cuplikan direktur, tambahan dan komentar aktor, seluruh skrip, storyboard, dan sebagainya.

Tahun 2000-an
  Dua berita acara pemilihan presiden AS tahun 2000, dan serangan udara atas menara World Trade Center di New York City dan Pentagon di Washington, DC, dan "perang melawan terorisme" berikutnya-memberikan kontribusi yang besar terhadap berita yang disajikan di televisi. Cara kedua cerita tertutup menunjukkan bagaimana sebuah keinginan untuk individu dalam sebuah organisasi berita untuk "sendok" kompetisi kadang-kadang menyebabkan laporan tidak akurat dan praktik yang tidak etis.

5. Perspektif Budaya
  Televisi tidak bisa dilepaskan dari pola hiburan masyarakat. Walaupun tidak seluruh mata acara televisi tidak melulu berisi hiburan, tetapi mencakup pula seluruh produk terpakai atau barang konsumsi (consumer goods) sebagai produk massal dan fashionable yang fomasinya terstandardisasi dan penyebaran dan penggunaannya bersifat luas, lebih lagi televisi juga memuat informasi-informasi dan pendidikan.
  Kajian atas televisi merambah pada metode pendekatan budaya atas komunikasi. Di sini televisi dilihat sebagai penyampai komunikasi yang bisa dilihat dalam dua konsep. Pertama, transmission view of communication dan kedua adalah ritual view of communication. 
  Dengan konsep pertama televisi dilihat sebagai kegiatan komunikasi yang terdiri dari adanya pihak yang menyampaikan “hal” yang bermakna kepada pihak lain. Kegiatan ini berupa penyampaian tanda, dan pada dasarnya merupakan upaya untuk mengatasi jarak dan waktu. Kata kunci dalam konsep ini adalah penyampaian, transmission.
  Sementara konsep kedua tidak bertumpu pada penyampaian yang mengatasi ruang dan waktu, tetapi pada kebersamaan. Dengan begini komunikasi tidak berarti menyampaikan pesan dari satu pihak yang terpisah kepada pihak lainnya, tetapi perwujudan dari kepercayaan bersama (representaion of shared beliefs). Pesan merupakan produk bersama dalam pemaknaan kehidupan bersama.
  Berikutnya, produk budaya, yang dihasilkan televisi, dapat dilihat dalam dua cara yang berbeda. Di satu pihak sebagai produk budaya yang memiliki makna otonom. Pembicaraan mengenai makna otonomnya ini akan melepaskan produk televisi dari faktor di luarnya, karenanya dapat menjadi kajian untuk mengeksplorasi wacana suatu makna yang terpisah dari isi pesannya (studies signification apart from their content). Di sini ranah makna yang terkandung di dalam suatu wacana sama pentingnya dengan ranah empiris dalam fenomena sosial.

6. Perspektif Kritis
  Televisi memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi penurunan terhadap media-media lain. TV juga mempengaruhi politik, ekonomi, dll. Kita harus cerdas dalam memilih tontonan agar dapat mengasah perspektif kritis kita.


3. Peranan Media Televisi Terhadap Teknologi Pendidikan
  Peranan televisi sebagai media komunikasi visual terhadap teknologi pendidikan, bahwasannya televisi membantu usaha pemerintah dalam peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan. Khususnya digunakan dalam pengembangan Sekolah terbuka yang merupakan subsistem sekolah yang berusaha mengentaskan kemiskinan, karena sekolah tersebut terdapat di wilayah dimana kondisi sosial ekonomi mereka tidak memungkinkan anak-anak untuk mengikuti sekolah regular. 
  Peningkatan kualitas pendidikan kejuruanpun sangat mungkin dibantu dengan televisi. Pengalaman langsung yang diperoleh siswa sekolah kejuruan di bengkel, laboratorium, dan berbagai fasilitas praktik lain yang mungkin masih banyak yang terbatas. Lagipula kebanyakan sarana / peralatan yang ada sering kali sudah ketinggalan zaman karena perkembangan teknologi. Pengalaman tersebut dapat digantikan dengan simulasi melalui teknologi komunikasi audiovisual, termasuk rekaman video, televisi.
  Dengan televisi juga dapat memotivasi keinginan belajar siswa. Karena penggunaan televisi, penyajian materi pelajaran dapat dibuat semenarik mungkin dengan memanfaatkan konsep modeling behavior, yaitu bahwa dengan menyaksikan perbuatan orang lain seseorang cenderung mengubah perilaku, pengetahuan, sikap, dan nilainya sendiri.



BAB III

KESIMPULAN

  Pekembangan teknologi informasi dan komunikasi terlebih perkembangan televisi yang semakin canggih tidak hanya bersifat sebagai media hiburan ataupun hanya iklan saja, melainkan juga dapat berfungsi sebagai bagian dari integrasi komunikasi visual.
  Melalui 6 perspektif, televisi berusaha mengkomunikasikan segala pesan dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat.
  Dalam teknologi pendidikan, televisi membantu usaha pemerintah dalam peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan dan dapat memotivasi keinginan belajar siswa.



DAFTAR PUSTAKA


Lester, Paul Martin. 2006. Visual Communication: Images with Messages. Belmont: Thompson

Zuber, Ortrun dan Skerritt. 1984. Video In Higher Education. London: Kogan Page


http://arisandi.com/?p=890


download file disini .

0 comments:

Post a Comment